Friday, December 10, 2010

Mutiara Hikmah

  1. Tak ada sesuatu pun dari sifat sombong memasuki hati seseorang kecuali berkurang akalnya.
  2. Seorang alim (berilmu) yang bermanfaat dengan ilmunya, lebih utama dibandingkan dengan seribu orang abid (ahli ibadah). Demi Allah! Sesungguhnya kematian seorang alim lebih disukai Iblis dibandingkan dengan kematian tujuh puluh orang abid.
  3. Imam al Baqir berkata kepada salah seorang putranya, "Wahai putraku, waspadalah dari sifat malas dan bosan, karena sesungguhnya kedua sifat itu merupakan kunci setiap keburukan. Sesungguhnya jika engkau malas, engkau tidak akan melaksanakan hak. Sedangkan jika engkau bosan, engkau tidak akan bersabar melaksanakan hak."
  4. Cukuplah menjadi aib seseorang bahwa ia melihat dari manusia apa yang ia tak dapat melihatnya dari dirinya; bahwa ia menyuruh manusia meninggalkan apa yang ia sendiri tidak sanggup berpaling darinya; dan bahwa ia menyakiti sahabatnya dengan apa yang ia tidak sengaja lakukan.
  5. Imam al Baqir berkata kepada salah seorang sahabatnya, "Aku wasiatkan engkau dengan lima hal. Jika engkau dizalimi, maka janganlah engkau menzalimi. Jika mereka mengkhianatimu, janganlah engkau berkhianat. Jika engkau didustai, janganlah engkau marah. Jika engkau dipuji, janganlah engkau bergembira. Dan jika engkau dikecam, janganlah engkau bersedih hati."
Oleh: Imam Muhammad Al baqir

No comments:

Post a Comment

Google+ Followers